Sunday 1 February 2015

Bagaimana Mengatur Waktu yang Baik Bagi Remaja?

Hai kalian,  yang lagi seneng-senengnya sama masa-masa remaja yang kalian rasain. Benar sekali, masa remaja merupakan masa dimana seorang remaja yang beranjak dewasa, yang berusaha dan dalam pencarian jati diri mereka yang sebenernya. Banyak sekali para remaja yang sangat berhati-hati sekali pada setiap perbuatan yang akan mereka lakukan. Tapi banyak juga yang hanya memikirkan kepuasaannya saja tanpa memikirkan resiko yang akan ditanggung. Masa remaja aka menjadi bermakna apabila kita sendiri mampu memilih mana jalan yang tepat, yang akan bisa memberikan dampak positif bagi kita, dan kita pun harus jeli memilih pergaulan yang cocok, yang bisa membimbing kita ke arah yang lebih baik lagi. Jangan sampai masa remaja ini kita sia-siakan dengan melakukan perbuatan yang menyimpang dari kata baik.
Oke, jangan ambil pusing ya teman-teman semuanya.. Kali ini kita akan bahas bagaimana caranya mengatur waktu yang baik, agar kita tidak menyesal di hari nanti.. Selamat membaca..

  1. Luangkanlah waktu teman-teman untuk mengerjakan tugas dari sekolah. Hal ini sangat bermanfaat sekali bagi teman-teman, karena selain ilmu akan bertambah, juga akan menghilangkan kejenuhan apabila sedang tidak ada kegiatan yang lain. Kurangi rasa malas mengerjakan tugas, mungkin mengerjakan tugas sambil mendengarkan musik, atau mengemil bisa membantu.
  2. Bergabunglah dengan organisasi yang ada di sekolah maupun di lingkungan masyarakat. Selain menambah teman, berorganisasi dapat menambah pengalaman dan dapat melatih diri kita untuk bisa bertanggung jawab serta bersosialisasi dengan baik pula. Tetapi, apabila sudah enjoy dengan organisasi tersebut, jangan sampai teman-teman melupakan kewajiban yang lain, seperti makan yang teratur, berolahraga rutin, dan istirahat yang cukup. Karena, apabila teman-teman mengabaikan hal itu, maka akan berdampak pada kesehatan dan bisa menyebabkan sakit karena kecapekan.
  3. Atur porsi waktu untuk menonton tv, bermain, maupun untuk nge-game bagi teman-teman gamers. Batasi waktu untuk melakukan hal tersebut. Karena bagaimanapun juga, jika teman-teman terlalu lama bermain, nge-game , maupun nonton tv, maka teman-teman akan ketagihan dan akan timbul rasa kehilangan dan kesepian apabila meninggalkan hal tersebut. Untuk mengatasinya, kurangi porsi waktunya sedikit demi sedikit.
  4. Dan yang paling penting adalah, tetap dekat dengan Tuhan, yang selalu melindungi kita dimana pun kita berada, bagaimanapun kondisi kita, Tuhan lah yang mengerti dan tahu apa yang terbaik bagi kita. Kita sebagai hambanya patutlah berusaha agar menjadi orang baik-baik yang bisa melindungi diri kita sendiri.
Demikianlah kiat-kiat yang dapat disampaikan, semoga bermanfaat bagi semuanya. Sekian dan terima kasih...

No comments:

Post a Comment